Berita  

Denah TPS Atau Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024, KPPS Wajib Tahu !

Gaji Ketua KPPS Dan Gaji Anggota KPPS 2024,
Pemilu 2024 (dok : Ist)

Kanalmerdeka.com, Berita – Dalam rangka penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Tempat Pemungutan Suara (TPS) memegang peran penting sebagai tempat dilaksanakannya proses pemungutan suara. Berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, TPS didefinisikan sebagai tempat di mana para pemilih melaksanakan hak suaranya.

 

Dalam mempersiapkan lokasi TPS, ketentuan-ketentuan tertentu perlu dipenuhi. Salah satunya adalah TPS dapat dibuat di ruang terbuka maupun tertutup, seperti gedung sekolah, balai pertemuan masyarakat, atau gedung tempat pendidikan lainnya. Namun, TPS tidak boleh dibuat di dalam ruangan tempat ibadah. Selain itu, TPS harus memiliki ukuran yang memadai, yaitu paling kurang panjang 10 meter dan lebar 8 meter.

 

Bentuk dan tata letak TPS juga diatur dengan ketat. TPS harus dibuat dalam bentuk persegi panjang dengan ukuran yang telah ditentukan. Selain itu, tata letak di dalam TPS juga harus memenuhi standar tertentu, seperti tempat duduk prioritas untuk pemilih dengan kebutuhan khusus, tempat duduk untuk petugas KPPS, dan pengaturan tempat duduk yang memudahkan akses bagi pemilih.

 

Dalam menjalankan tugasnya, KPPS memiliki peran sentral dalam menyiapkan dan mengatur TPS sesuai dengan peraturan yang berlaku. Semua persiapan ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses pemungutan suara serta memberikan akses yang mudah bagi semua pemilih, tanpa terkecuali.

 

Denah TPS Untuk Pemilu 2024
Denah TPS Untuk Pemilu 2024, Sumber KPU RI (Dokumentasi:Ist)

 

Selain itu, pembuatan TPS melibatkan kerjasama antara KPPS dan masyarakat. Sarana dan prasarana yang diperlukan mencakup ruangan atau tenda, alat pembatas, serta perlengkapan seperti papan untuk menempel daftar pasangan calon, formulir model C, dan pengumuman hasil penghitungan suara.

 

Tata letak TPS juga diperinci dengan baik, memastikan keberlanjutan proses pemungutan suara. Tempat duduk pemilih, tempat duduk prioritas, meja dan tempat duduk anggota KPPS, serta lokasi kotak suara semuanya diatur sedemikian rupa untuk memudahkan dan mengamankan proses pemilihan.

 

Perlu dicatat bahwa pintu masuk dan keluar TPS dirancang untuk memastikan akses yang nyaman bagi pemilih penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda. Hal ini mencerminkan kepedulian terhadap kebutuhan khusus pemilih, memastikan bahwa hak suara setiap warga dapat dilaksanakan tanpa hambatan.

 

Dengan persiapan yang cermat dan mematuhi semua ketentuan yang berlaku, diharapkan pelaksanaan pemungutan suara di TPS pada Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar, adil, dan transparan. Proses ini menjadi fondasi bagi demokrasi yang kuat dan partisipasi aktif warga negara dalam menentukan arah pemerintahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *